Categories
Uncategorized

Keunikan Cara Kerja Otot Polos

wwezone.org – Manusia memiliki lebih dari 630 urat yang keras dalam tubuhnya dan bagian tersebut bekerja sesuai peran serta fungsinya. Urat bisa juga diartikan sebagai otot yaitu merupakan bagian dari alat gerak aktif. Tanpa jaringan kenyal tersebut, manusia tidak bisa bergerak. Hal tersebut dapat terjadi karena sel otot tersusun dari serabut kontraktil sehingga dapat berkontraksi menghasilkan suatu gerakan tertentu.

Menurut KBBI, otot diartikan sebagai jaringan kenyal yang dapat menggerakkan tubuh makhluk hidup atau urat yang keras. Terdapat 3 jenis dalam tubuh manusia, yakni rangka, polos, maupun jantung. Setiap dari 3 jenis tersebut mempunyai ciri masing-masing. Misalnya saja dapat diperhatikan pada bagaimana cara kerja otot polos

Teknik Kerja Otot di Tubuh

Urat keras ini akan bekerja secara berlawanan dan saling melengkapi, yakni berkontraksi maupun relaksasi. Berkontraksi akan membuat urat tersebut menjadi keras dan memendek ukurannya dari sebelumnya. Begitu juga sebaliknya akan berlaku jika relaksasi.relaksasi akan membuat bagian tersebut menjadi memanjang. Jadi, pada dasarnya urat itu fleksibel.

Ciri 

  1. Tidak menempel pada rangka (tulang) serta dapat ditemukan pada organ dalam tubuh manusia, seperti pembuluh darah, mata, usus, lambung, paru-paru, kantung kemih, hingga rahim 
  2. Berbentuk pipih serta bergelendong dengan satu inti yang terletak di tengah serta tidak ada berkas gelap terang. Oleh karena itu, tidak heran jika disebut dengan polos.
  3. Bersifat otonom dengan bekerja secara tidak sadar (bekerja di luar kemauan diri atau involunter). 
  4. Berkontraksi lambat sehingga tidak cepat lelah serta menguras banyak tenaga

Teknik Bekerja 

Jika berkontraksi, maka jaringan kenyal akan memendek serta bagian tengah pun membesar. Hal tersebut dapat terjadi karena aktivitas dari saraf tak sadar.

Contoh keberfungsiannya pada bagian mata. Pada mata, fungsinya adalah untuk bisa mengatur ukuran pupil dalam melihat objek. Tidak hanya mata, manfaat lainnya bisa dirasakan pada organ lambung dan usus.

Maka ketika anda menelan makanan, tanpa diminta juga diperintah, urat keras tersebut akan bergerak mencerna makanan dan mentransfer makanan ke organ pencernaan lain. Supaya proses mencerna makanan dapat berjalan baik. Begitu juga yang terjadi dengan kantung kemih. 

Saat anda ingin buang air kecil dan menahannya untuk sampai di kamar mandi, maka otot akan berelaksasi sementara. Kemudian, setelah sampai urat keras anda berkontraksi. Sehingga anda bisa buang air kecil.

Bahkan juga yang tidak kalah penting adalah jaringan kenyal yang ada di pembuluh darah. Saraf tak sadar itu akan membantu dalam mengatur tekanan dan aliran darah dalam tubuh. Sehingga tekanan dan aliran darah pun dapat terkontrol dengan baik. 

Sementara kegunaannya apabila terletak di Rahim adalah untuk mempermudah proses persalinan oleh wanita. Dimana prosesnya dilakukan untuk mendorong bayi bisa keluar dari Rahim.    

Baca Juga : Cara Paket Nelpon Telkomsel Murah 2020

Apakah anda sudah paham benar dengan penjelasan mengenai cara kerja otot polos? Kalau sudah, anda pun pasti bisa dengan mudah mengikuti pembelajaran dalam kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *