Categories
Uncategorized

Cara Mengkonversikan Bilangan Desimal Ke Biner Dengan Mudah

wwezone.org – Bilangan biner dan desimal, merupakan kedua bilangan yang sama-sama sering digunakan untuk dunia elektronika dan dunia digital. Sehingga pemahamaan akan kedua bilangan tersebut sangatlah penting, sebelum masuk ke dunia alektronika digital tersebut. Paling tidak kita dapat mengkonversikan kedua bilangan tersebut dari decimal ke biner ataupun sebaliknya.

Konversi bilangan umumnya merupakan salah satu bentuk atau proses mengubah bentuk bilangan. Yakni dari sebuah bentuk bilangan satu, menjadi sebuah bentuk bilangan yang lain dengan ketentuan memiliki nilai yang sama. Sama halnya dengan cara konversi bilangan desimal ke biner, untuk menemukan sebuah nilai dengan hasil yang sama.

Namun cara ini sering kali dianggap mudah-mudah sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan mengenai cara mengkonversikan bilangan desimal menjadi bilangan biner.

Cara Mengkonversikan Desimal Menjadi Biner Dengan Mudah

  1. Menentukan Soal

pad acara ini marilah kita mulai dengan mencoba mengkonversikan sebuah desimal dengan nilai 15610 untuk dijadikan biner. Kemudian tulis sebuah basis sistem bilangan. Disini kami menggunakan angka 2 untuk biner, yang akan digunakan untuk pembagi pada luar kurva. Cara ini lebih mudah untuk dilakukamn karena mudah dimengerti, dan mudah digambarkan pada kertas.

  1. Melakukan Pembagian

Kemudian tulis dari hasil pembagian tersebut dengan bilangan bulat, dimana hasil yang didapat merupakan dari proses pembagian. Anda tinggal menulis sisa dari hasil tersebut dalam bilangan 0 atau 1. Tepatnya pada sebelah kanan dari sebuah bilangan yang dibagi tersebut. Dan jika bilangan dibagi genap maka Anda hanya perlu menuliskan angka 0. Dan jika bilangan dibagi ganjil maka nilainya adalah 1.

  1. Teruskan Mmebagi Sampai Titik Nol

Pembagian harus terus Anda lakukan sampai nilai awal tadi menjadi 0. Dan tuliskan secara terus ke arah menurun, Dan setiap pembagian hasil bagi juga perlu Anda tulis di setiap sisi sebelah kanan. Yakni dari hasil bilangan atau nilai yang dibagi itu sendiri.

  1. Tulis Bilangan Biner Baru 

Setelah pembagian telah selesai, Anda bisa memulai dengan menulis biner baru dari sisi bawah dan terus naik ke atas. Sehingga dari konversi sebuah bilangan 156 tersebut akan mendapatkan hasil 10011100. Jika ditulis dalam bentuk subskrips, maka basis angka dari 15610 maka akan mendapatkan hasil 100111002

Baca Juga : Cara Jogging yang Benar Sesuai Anjuran Para Ahli

Itulah cara optimal untuk konversi bilangan desimal ke biner. Dimana cara ini merupakan cara yang paling simple dan paling mudah dipahami oleh Anda yang masih baru belajar untuk mengkonversikan desimal menjadi sebuah biner. Sehingga setiap orang yang baru belajar dapat dengan mudah memahami cara ini, karena cara inilah yang paling banyak digunakan oleh setiap orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *