Categories
Uncategorized

Cara Membuat Gel Lidah Buaya

wwezone.org – Banyak  bahan yang dapat Anda gunakan sebagai perawatan kulit. Salah satunya adalah gel yang berbahan dasar dari lidah buaya. Gel ini memiliki banyak manfaat, mampu melembabkan kulit, mengembalikan struktur kulit halus, dan dapat digunakan dalam meredakan kulit yang terbakar atau iritasi. 

Sudah banyak produk yang berbahan dari bahan ini, namun Anda dapat membuat sendiri di rumah dengan menggunakan tanaman. Gel dapat dicampurkan dengan bahan lainnya untuk menjaga ketahanan produknya. Berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan jika ingin membuat Gel lidah budaya. 

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan 

  1. Daun lidah buaya
  2. Bahan tambahan 500 mg vitamin C atau vitamin E 400 
  3. Pisau 
  4. Wadah 

Langkah-Langkah 

  1. Pastikan tangan Anda bersih. Sebelum melakukan proses pembuatan gel Anda harus membersihkan tangan, agar gel yang dihasilkan bebas dari kontaminan bakteri dan mikroorganisme lain yang berasal dari tangan Anda. Gunakan peralatan yang bersih yang telah dicuci. 
  2. Pilih bagian daun yang paling luar untuk dipotong dan diambil. Bagian tersebut biasanya memiliki ukuran yang relatif besar dan daging yang akan dijadikan gel lebih banyak. Potong dengan menggunakan pisau yang tajam agar potongan menjadi rapih. 

Ambil daun secukupnya, karena gel yang terkandung dalam daun mudah sekali rusak jika disimpan dalam waktu yang lama. 

  1. Simpan daun di dalam mangkuk dengan waktu 10 menit agar resin dari daun dapat keluar. Posisikan daun dengan tegak lurus dan resin akan keluar dengan sendirinya berwarna kuning gelap. Resin memiliki kandungan getah yang akan menimbulkan iritasi pada bagian kulit terkena. 
  2. Pisahkan daun dengan mengupasnya. Anda dapat menggunakan alat yang memiliki fungsi dalam pengupasan seperti yang digunakan pada sayuran untuk memudahkan. Kupas dengan perlahan antara kulit berwarna hijau dengan daging daun. Untuk memudahkan mengupas, potong daun menjadi  beberapa  bagian untuk daun yang berukuran besar. 
  3. Ambil gel dengan sendok. Pisahkan gel dan daging pada daun dengan kulit daunnya sampai bersih letakan di dalam wadah. 
  4. Campurkan gel bersama bahan lain. Untuk membuat gel awet Anda bisa mencampurkan bahan lain vitamin C sebanyak 500 mg bentuk serbuk dan vitamin E 400 IU dengan takaran per 60 ml gel. Campurkan dalam blender semua bahan dengan merata sampai terlihat berbusa. 
  5. Simpan gel dalam botol kaca yang bersih. Gel bisa bertahan berbulan-bulan jika Anda menggunakan pengawet dan disimpan dalam kulkas. 
  6. Coba gunakan gel. Setelah selesai Anda bisa menggunakan gel pada bagian kulit yang Anda inginkan. Bisa digunakan pada kulit dengan memiliki luka bakar. Dapat digunakan untuk melembabkan kulit Anda yang kering. gunakan gel pada permukaan kulit yang iritasi. Tambahkan minyak kelapa pada gel dengan takaran 60 ml per 120 ml gel. 

Baca Juga : 3 Cara Melihat MAC Address Sebuah Komputer

Dengan cara di atas Anda bisa membuat sendiri gel lidah budaya di rumah bukan? Menghemat biaya dan mengisi waktu kosong. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *