Categories
Uncategorized

Mengenal Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Beserta Cara Menghitung Jumlah Diagonal

wwezone.org – Hai sahabat pintar. Ingatkah kalian pada bidang datar? Benar sekali kawan bidang datar merupakan salah satu materi pelajaran matematika yang sudah kenal semanjak bangku sekolah datar hingga banggku sekolah atas atau bahkan diaplikasikan pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh yang sering kita jumpai yakni segitiga, segi empat (persegi) hingga segi banyak atau dikenal dengan istilah polygon dari mulai bentuk simetris maupun asimetris. Mari kita sejenak mengingat kembali dan menggali lebih dalam tentang polygon

Jenis polygon 

Sebelum menjelaskan lebih jauh, mari ketahui apa itu polygon. Polygon merupakan suatu bangun datar dengan jumlah sisi lebih dari tiga buah. Terbagi menjadi dua jenis yaitu segi banyak beraturan dan tidak beraturan. 

Kriteria segibanyak beraturan yaitu memiliki panjang sisi sama semua, begitu juga dengan besar sudutnya seperti contohnya segitiga sama sisi, persegi, pentagon, heksagon dan masih banyak lagi. Sedangkan segibanyak tidak beraturan panjang sisi dan besar sudutnya tidak sama contohnya segitiga sama kaki, segitiga sembarang, layang-layang, persegi panjang, jajargenjang dan trapesium.

Menghitung Jumlah Diagonal

Setiap jenis segibanyak memiliki jumlah diagonal yang berbeda. Diagonal merupakan garis yang terletak membelah suatu bidang menjadi sama besar diperoleh dari dua titik sudut yang saling berhadapan tidak termasuk sisi. Adapun cara menghitung diagonal segibanyak secara lengkap dapat dilihat berikut ini:

  1. Melukis garis diagonal

Langkah pertama anda mengetahui nama jumlah sisi segi bangun yang ingin dihitung jumlah diagonalnya. Polygon memiliki jumlah sisi sama dengan namanya seperti segi empat (tetragon) sebanyak 4 sisi, pentagon 5, heksagon 6 Heptagon 7 begitupun seterusnya hingga 20. 

Silahkan anda gambar jenis bangun yang ingin dihitung diagonalnya pada selembar kertas dengan menggunakan penggaris untuk menghasilkan gambar yang rapi, setelahnya anda dapat menghubungkan setiap 2 titik sudut dengan membuat garis lurus hingga semuanya pasang titik sudut terhubung. 

Disarankan anda menggunakan warna pena berbeda untuk mempermudah menghitung jumlahnya. Selanjutnya anda tinggal menghitung jumlahnya dengan seksama.

  1. Gunakan Rumus

Rumus untuk menghitung banyaknya diagonal seperti di bawah ini 

Banyaknya diagonal =n (n-3)2

Keterangan : n = jumlah sisi 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian rumus seperti rumus ini dapat digunakan pada semua poligon akan tetapi tidak berlaku pada segitiga hal ini dikarenakan bangun tersebut tidak memiliki diagonal. 

Sama halnya dengan cara sebelumnya anda harus memperhatikan nama dan jumlah sisi untuk mempermudah anda dalam perhitungan

Baca Juga : Jerawat di Punggung Ganggu? Yuk Gunakan Cara Ini

Contoh soal:

Hitunglah banyaknya diagonal yang membentuk octagonal (8) dan decagonal (10)?

Jawab:

  1.  =8 (8-3)2 =8 (5)2=402 =20
  2. 10 (10-3)2=10(7)2=702=35

Catatan titunglah lebih dulu pembilang didalam kurung kemudian kalikan

Selamat mencoba, banyaklah berlatih soal untuk membiasakan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *