Categories
Uncategorized

5 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Paling Ampuh dan Alami

wwezone.org – Kulit berminyak merupakan jenis kulit dimana kelenjar sebasenya memproduksi sebum dengan jumlah yang berlebih. Kelenjar sebasea tersebut letaknya di bawah jaringan permukaan kulit. Sedangkan sebum merupakan zat minyak yang diproduksi dari lemak. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua produksi sebum ini memiliki efek buruk, karena pada dasarnya sebum tersebut berfungsi membantu melindungi serta melembabkan kulit agar tetap sehat. 

 

Akan tetapi jika wajah Anda terlalu banyak memproduksi sebum juga dapat menyebabkan wajah menjadi lebih berminyak.  Akibatnya pori-pori wajah Anda akan membesar dan menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini dapat dipengaruhi dari faktor genetika, stress bahkan perubahan hormone pada tubuh. Agar tidak mengganggu penampilan, maka Anda harus mengetahui cara mengatasi kulit berminyak secara bijak.

Tips Mengatasi Masalah Wajah Berminyak

Kondisi kulit yang berminyak menjadi penyebab utama munculnya komedo, jerawat dan pori-pori menjadi tersumbat. Saat ini sudah banyak sekali produk perawatan wajah yang dijual di pasaran dan mengklaim mampu mengatasi masalah wajah berminyak. 

 

Namun produk perawatan tersebut juga harus Anda imbangi dengan perawatan wajah secara alami yang tentunya aman bagi kesehatan kulit. Berikut ini beberapa perawatan wajah alami untuk kulit berminyak yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Membersihkan wajah minimal 2 kali sehari

Cara paling efektif untuk mengatasi masalah jerawat yaitu dengan menjaga kebersihan wajah. Untuk mengurangi minyak yang berlebihan, maka Anda harus membersihkan dan mencuci wajah minimal 2 kali sehari, pagi dan menjelang tidur. 

  • Memilih skincare yang tepat

Untuk mencegah wajah dari minyak yang berlebihan maka sebaiknya pilih skincare yang tepat. Salah satunya yaitu toner tanpa kandungan alkohol yang mampu mengontrol minyak berlebihan dan juga untuk menjaga kelembaban kulit.

Membersihkan wajah menggunakan toner berfungsi untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada kulit, mengangkat kulit mati dan juga mampu mengecilkan pori-pori. 

  • Memakai masker

Untuk mendapatkan hasil wajah yang maksimal, maka setelah wajah dibersihkan Anda dapat melanjutkan masker wajah. Namun cara ini tidak boleh dilakukan setiap hari, minimal 3 hari sekali. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti oatmeal, madu atau tomat sebagai masker wajah. 

Masker wajah ini dapat membantu wajah dalam mengendalikan sebum. Setelah memakai masker, sebaiknya juga menggunakan pelembab wajah untuk jenis kulit berminyak agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. 

  • Menerapkan pola makan sehat

Anda mungkin menyukai jenis makanan gorengan, manis atau pedas. Jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada kulit wajah. 

Maka dari itu, makanan tersebut harus Anda kurangi dan alihkan pada jenis makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan dan susu rendah lemak. Bukan hanya itu saja, jenis makanan seperti daging, telur dan kacang-kacangan juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

  • Mengkonsumsi air mineral dengan cukup

Jika kebutuhan air mineral pada tubuh tercukupi, maka kulit akan terhidrasi dengan baik. Dengan begitu maka dapat mencegah produksi minyak dan sebum secara berlebihan. Sebaiknya Anda minum air mineral 8-9 gelas setiap hari. 

  • Hindari menggunakan make up terlalu tebal

Merias wajah terlalu tebal dapat menyumbat pori-pori wajah, meningkatkan produksi minyak, memicu timbulnya komedo dan juga jerawat.

Baca Juga : Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Dengan menerapkan 6 cara mengatasi wajah di atas, maka Anda akan terhindar dari wajah yang bermiyak dan kinclong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *